advertorial

Kafilah Rembang Sabet Juara Umum STQ Jateng

Penutupan STQ Jateng, Jumat (14/9/2012). (Bony Eko Wicaksono/JIBI/SOLOPOS)Penutupan STQ Jateng, Jumat (14/9/2012). (Bony Eko Wicaksono/JIBI/SOLOPOS)

KARANGANYAR–Kafilah Kabupaten Rembang berhasil menyabet juara umum Seleksi Tilawatil Alquran (STQ) Jateng ke 22 dengan total mengumpulkan poin sebanyak 25. Sementara tim tuan rumah berada pada peringkat empat dengan 13 poin.

Sekretaris dewan hakim STQ, Saiful, mengatakan seluruh cabang dalam STQ telah rampung dipertandingkan selama empat hari. Setiap hakim yang menjadi juri di setiap cabang melakukan musyawarah untuk menentukan juara.
Sementara predikat juara umum ditentukan melalui total poin yang disumbangkan qori/qoriah setiap kafilah.
“Setiap qori/qoriah yang menjadi juara dihitung menggunakan sistem poin kemudian dijumlahnya sehingga juara umum akan ketahuan,” ujarnya seusai acara penutupan di Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Jumat (14/9/2012).

Qori/qoriah yang menjadi juara I mendapat trophy Gubernur Jateng dan uang pembinaan senilai Rp2 juta. Juara II mendapat trophy Gubernur Jateng dan uang pembinaan senilai Rp1,5 juta. Sementara juara III mendapat trophy Gubernur Jateng dan uang pembinaan senilai Rp1 juta.

Para juara akan dibina untuk persiapan pengiriman utusan mewakili Jateng di STQ nasional di Bangka Tengah pada 2013. Dia berharap qori/qoriah dari Jateng dapat berprestasi di event tingkat nasional tersebut.

“Nanti ada pembinaan selanjutnya, yang terpilih akan mewakili Jateng pada STQ nasional,” katanya.

Sementara Bupati Karanganyar, Rina Iriani SR, menyatakan agar para qori/qoriah dapat meningkatkan prestasi di event yang lebih tinggi. Kegiatan ini digelar untuk menyiarkan nilai-nilai Islam dan menjadi Alquran sebagai sumber petunjuk, motivasi dalam kehidupan sehari-hari.

Dia mengucapkan terima kasih pada seluruh pihak yang turut menyukseskan STQ Jateng ke 22. “Saya berharap dengan adanya STQ, masyarakat Karanganyar dapat mengaplikasikan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.