PERKEBUNAN TEH: 8 Kecamatan Miliki Potensi Untuk Perkebunan Teh

Ayu Abriyani KP/JIBI/SOLOPOS 1

Ilustrasi (dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

WONOGIRI–Delapan kecamatan di Kabupaten Wonogiri memiliki potensi untuk perkebunan teh. Daerah tersebut di wilayah Kecamatan Karangtengah, Slogohimo, Girimarto, Bulukerto, Puhpelem, Kismantoro, Jatiroto dan Tirtomoyo.

Lokasi itu cocok untuk perkebunan teh karena berada di wilayah pegunungan dengan hawa yang sejuk. Sebab, berada di ketinggian di atas 600 meter dari permukaan air laut.

“Hanya, hingga saat ini belum ada petani yang berani mencoba menanam pohon teh,” kata Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Wonogiri, Sri Djarwadi, melalui Kabid Perkebunan, Tugiyo, Minggu (24/6/2012).

Selain itu, lanjut dia, belum ada investor yang masuk ke wilayah Wonogiri untuk pengolahan daun teh. Juga pemasaran untuk daun teh hasil petikan petani. Hal itu membuat petani lebih memilih untuk menanam hasil bumi lainnya yang lebih menjanjikan seperti janggelan, cengkih, coklat, vanili, lada, karet dan tembakau.

Padahal, menurut Tugiyo, tanaman teh tersebut juga menjanjikan karena satu pohon bisa tiga hingga empat kali panen. Jika ada petani yang tertarik untuk menanam pohon teh dan ada pemasaran menjanjikan bagi petani, maka pihaknya siap mengembangkan wilayah yang berpotensi untuk perkebunan teh. Bahkan, menurut Tugiyo, tersedia bantuan bibit melalui pihak Provinsi Jawa Tengah.

1 Komentar untuk “PERKEBUNAN TEH: 8 Kecamatan Miliki Potensi Untuk Perkebunan Teh”

  1. Lebih baik tidak dipaksakan untuk membuat perkebunan teh di Wonogiri. Perkebunan teh yang sudah ada sejak puluhan tahun silam, mulai banyak yang mengkonversi tanaman tehnya ke komoditas lain. DI sini lain, fluktuasi harga daun teh dan rantai pemasaran yang monopolis sifatnya, tidak akan memberikan keleluasaan bagi petani pemilik kebun untuk mendapatkan kesejahteraan yang lebih baik.

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)


    A- A A+