TINJU DUNIA: Gagal KO Choi, Daud Yordan Tetap Pertahankan Gelar

Imam Yuda Saputra/JIBI/SOLOPOS 0

Daud Yordan. dok JIBI/SOLOPOS/Reuters

SINGAPURA—Pemegang sabuk juara kelas bulu versi IBO, Daud ‘Cino’ Yordan, sukses mempertahankan gelarnya setelah mengalahkan penantangnya, Choi Tseveenpurev di Marina Bay Sands, Singapura, Jumat (9/11/2012) malam WIB.

Meski menang, Daud gagal memenuhi ambisinya untuk memukul knockout (KO) Choi kali pertama dalam kariernya. Petinju asal Kalimatan yang terkenal memiliki pukulan mematikan ini hanya mampu mengalahkan lawannya dengan kemenangan angka.

Menghadapi lawan yang usianya 11 tahun lebih tua, Daud langsung memberi tekanan. Petinju berjuluk The Stone itu termotivasi ingin menjatuhkan lawannya, seperti yang dijanjikannya saat timbang badan, Kamis (8/11/2012).

Berbagai kombinasi pukulan, baik jab hingga hook dilancarkan Cino. Namun, pukulan Daud selalu terhalang double cover Choi yang rapat.

Bahkan, tak jarang petinju Mongolia ini balik melepaskan pukulan. Hook-hook Choi pun tak jarang yang mendarat ke muka Daud.

Pada ronde pertengahan, stamina kedua petinju terlihat mulai terkuras. Namun, Choi, yang memiliki rekor 36 kali menang dan lima kalah ini tetap konsisten dengan permainannya.

Meski banyak terkena pukulan, Choi masih berdiri tegak. Petinju Mongolia yang berdomisili di Inggris ini, bahkan acap kali memberi balasan ketika terpojok.

Hingga ronde 12 atau ronde terakhir, Choi masih tegak berdiri. Petinju berusia 41 tahun ini tak terlihat goyah dan mampu menerima serangan hingga bel akhir berbunyi.

Dengan kemenangan ini, Daud praktis mempertahankan gelar juara kelas bulu IBO yang direbutnya dari petinju Filipina, Lorenzo Villanueva, 5 Mei 2012 lalu .

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)


    A- A A+