advertorial

15 Pemenang Krenova di Sukoharjo Dipantau

SUKOHARJO–Anggota Bidang Penelitian dan Pengembangan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Balitbang Bappeda) Sukoharjo bersama Bagian Humas memantau 15 lokasi pemenang lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) 2007-2012. Pemantauan dilakukan selama tiga hari sejak Senin (29/4/2013) hingga Rabu (1/5/2013).

Kasubbag Pemberitaan Media Massa dan Santel, Sukoharjo, Suharno, mewakili Kabag Humas Pemkab Sukoharjo, Joko Nurhadiyanto, kepada Solopos.com, Selasa (30/4/2013) mengatakan pemantauan terhadap pemenang Krenova dimaksudkan apakah alat yang ditemukan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Menurutnya, hasil Krenova itu antara lain, mesin pembuat karak dengan sistem roll dan mesin pemotong karak rambak dengan pisau mekanis, rancang bangun mesin pencetak kerupuk dengan sistem screw horizonta. Juga, mesin perajang rambak dengan sistem poros beralur dan mesin pengupas dan pemisah biji jarak sistem disc mill & blower.

“Mesin inovasi tersebut sudah digunakan masyarakat dan hasil yang diolah oleh mesin seperti souvenir batik kayu produknya dijual ke Jakarta,” jelas Suharno.