15 SMP/SMA di Wonogiri Tak Gelar UN Sendiri

Tika Sekar Arum/JIBI/SOLOPOS 0

WONOGIRI – Sebanyak 15 sekolah tingkat SMP/MTs/SMA/MA tidak bisa melaksanakan ujian nasional (UN) sendiri tahun ini. Bagi 14 sekolah hal itu lantaran sekolah tersebut kekurangan jumlah peserta.

Empat belas sekolah itu adalah SMPN 3 Selogiri, SMPN 3 Satu Atap Eromoko, SMPN 4 Satu Atap Karangtengah, SMP PGRI 1 Ngadirojo, SMP Muhammadiyah 6 Manyaran, SMP Pancasila 14 Eromoko, SMP Pancasila 4 Pracimantoro, SMP Pancasila 3 Baturetno, SMP Sultan Agung 2 Batuwarno, MTs Ikhlas Nurul Burhan Batuwarno, MTs Al Iman Ngadirojo, SMA Pancasila 2 Baturetno, SMA Kristen Wonogiri, dan MA Muhammadiyah Baturetno. Sedangkan khusus satu sekolah, yakni SMPN 4 Karangtengah, meskipun jumlah siswanya mencapai 48 siswa tidak bisa menyelenggarakan UN disebabkan sekolah itu belum terakreditasi.

Kepala Bidang (Kabid) SMP/SMA, Suwanto, mewakili Kepala Dinas Pendidikan Wonogiri, Siswanto, menjelaskan berdasarkan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Nomor 0020/P/BSNP/I/2013 tentang prosedur operasional standar (POS) jumlah peserta didik bagi sekolah yang menyelenggarakan UN adalah 20 siswa. Selanjutnya peraturan lain mengatur penyelenggara UN haruslah sekolah yang sudah terakreditasi.

Menurut Suwanto kendati tidak bisa menghelat UN sendiri, siswa di 15 sekolah tersebut yang jumlahnya mencapai lebih dari 200 siswa tetap bisa mengikuti UN dengan bergabung di sekolah lain.

“Siswa di 15 sekolah itu terpaksa bergabung dengan sekolah lain saat UN. Kami sudah memilihkan sekolah yang paling dekat agar siswa tidak kesulitan,” terang Suwanto, saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Senin (4/2/2013).

Dia melanjutkan kendati pelaksanaan UN digabung ke sekolah lain, persiapan menjelang UN tetap menjadi tanggung jawab sekolah masing-masing. Suwanto mengatakan saat ini 15 sekolah tersebut telah memulai persiapan menuju UN yang bakal dihelat mulai 15 April untuk SMA sederajat dan 22 April untuk SMP sederajat.

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)


    A- A A+
    Visit Poland, the place where gorgeous women live. Try to find your perfect wife.