KEKOSONGAN PERANGKAT DESA : Rencana Perekrutan di Wonogiri Batal

Tika Sekar Arum/JIBI/Solopos Comments Off

Solopos.com, WONOGIRI — Rencana Pemkab Wonogiri untuk mengisi kekosongan 360 perangkat desa akhir tahun ini dipastikan batal. Hal itu menyusul tidak tersedianya anggaran pelaksanaan rekrutmen yang seharusnya berasal dari APBDesa masing-masing desa yang melaksanakannya.

Padahal kekosongan perangkat desa itu mulai dikeluhkan banyak pihak. Bahkan di sekitar 90 desa, kekosongan perangkat desa itu sudah dalam tingkat mendesak untuk segera diisi. Pada Jumat (1/11/2013) lalu, Bagian Pemerintah Desa (Pemdes) Setda Wonogiri juga sudah mengadakan sosialisasi persiapan perekrutan perangkat desa yang diikuti 25 camat.

Kepala Bagian (Kabag) Pemdes Setda Wonogiri, Sriyono, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (5/11/2013), menjelaskan semula perekrutan memang diagendakan November-Desember tahun ini. Pihak kecamatan sudah diminta menyetorkan data desa mana saja yang kondisinya krisis perangkat. Namun, setelah melalui pertimbangan aturan dan perda, Bagian Pemdes menganalisa tidak mungkin dalam kurun waktu dua bulan bisa merevisi APBDes untuk keperluan menganggarkan perekrutan perangkat desa yang nilainya sekitar Rp4 juta tiap desa.

“Ya, rencananya memang mau merekrut 150 orang dulu. Tapi setelah kami perhitungkan dengan aturan tidak bisa menyelesaikan proses perubahan APBDes sampai penetapan, evaluasi, dan penyerapannya sampai cair ke desa. Apalagi ada juga desa yang sudah mengajukan SPP untuk triwulan IV atau bulan Oktober-Desember. Ada juga yang sudah cair. Jadi tidak mungkin melakukan pergeseran anggaran,” terang Sriyono.

Untuk itu, dia menegaskan perekrutan 150 orang perangkat desa baru bisa dilaksanakan pada tahun 2014. Sriyono berharap perekrutan itu bisa berjalan awal tahun sehingga secepatnya anggaran yang sudah disediakan dalam APBD 2014, kendati saat ini baru berupa Kebijakan Umum Anggaran Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUAPPAS), bisa terserap. Menurut dia, tahun 2014 Pemkab mengalokasikan Rp34 miliar untuk tamsil perangkat desa. Jumlah itu diperkirakan cukup untuk memenuhi anggaran tamsil seluruh perangkat desa di Wonogiri ditambah 150 orang perangkat desa baru.

Comments are closed

A- A A+
Visit Poland, the place where gorgeous women live. Try to find your perfect wife.