advertorial

BPS Sragen Buka Lowongan 1.228 Petugas Sensus Pertanian

Ilustrasi (Tri Rahayu/JIBI/SOLOPOS)Ilustrasi (Tri Rahayu/JIBI/SOLOPOS)

 

Ilustrasi (Tri Rahayu/JIBI/SOLOPOS)

SRAGEN—Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sragen membuka pendaftaran petugas sensus pertanian mulai Januari hingga Maret 2013.

BPS membutuhkan sebanyak 1.228 petugas untuk mencacah rumah tangga petani pada Mei mendatang.

Kepala BPS Kabupaten Sragen, Laeli Sugiyono, saat dijumpai Solopos.com, Selasa (15/1/2013) sore, menerangkan sensus nasional pertanian 2013 atau disingkat ST-2013 ini merupakan sensus berkala setiap 10 tahun sekali. Sensus ini bertujuan untuk mendapatkan data statistik pertanian yang lengkap dan akurat tentang kondisi pertanian di Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Sragen.

“Sasaran sensus ada tiga, yakni rumah tangga petani tanaman pangan, seperti padi, palawija dan hortikultural. Petani ikan keramba atau peternak, seperti peternak ayam, peternak itik, peternak sapi, petani ikan lele, ikan nila dan seterusnya. Selain itu, ada petani perkebunan atau kehutanan, seperti perkebunan tebu, perkebunan karet, hutan jati atau hutan mahoni dan hutan lainnya,” ujar Laeli.

Pendaftaran petugas ST-2013 bisa berasal dari semua kalangan dengan pendidikan diutamakan SMA atau sederajat. Para petugas sensus ini, kata dia, akan bekerja full time dan mereka yang berdomisili di wilayah kerja masing-masing.  Bagi calon petugas sensus dari kalangan pegawai negeri sipil (PNS) harus mendapatkan izin dari pejabat atau atasan yang berwenang.

“Soalnya, ada pengalaman pada sensus penduduk lalu. Ada PNS yang menjadi petugas sensus, tapi pekerjaannya tak maksimal. PNS itu lebih mementingkan pekerjaan wajibnya sebagai pegawai pemerintah daripada kewajiban petugas sensus. Jadi petugas sensus kesannya hanya sampingan, itu yang saya tidak boleh. Pada sensus kali ini, peraturan rekrutmen petugas harus diperketat,” tegas Laeli.

Seleksi petugas sensus dilakukan mulai 11-18 Maret mendatang disesuaikan dengan jadwal per kecamatan. Dari 20 kecamatan yang ada, kebutuhan petugas sensus paling besar berada di wilayah Kecamatan Masaran. Sedangkan petugas sensus paling sedikit berada di wilayah Kecamatan Gesi, yakni hanya 28 petugas.
Alokasi Petugas Sensus Pertanian 2013 di Kabupaten Sragen

 

Kecamatan

Jumlah Petugas

Kalijambe 56 orang
Plupuh 68 orang
Masaran 100 orang
Kedawung 76 orang
Sambirejo 48 orang
Gondang 60 orang
Sambungmacan 64 orang
Ngrampal 52 orang
Karangmalang 88 orang
Sragen 56 orang
Sidoharjo 64 orang
Tanon 88 orang
Gemolong 64 orang
Miri 48 orang
Sumberlawang 72 orang
Mondokan 56 orang