HARGA BAWANG: Tiga Hari Turun, Harga Bawang di Solo Kembali Naik

0

Ilustrasi bawang putih (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SOLO – Harga komoditas bawang merah dan bawang putih kembali mengalami kenaikan Rp5.000/kg. Pasokan minim disinyalir menjadi penyebab kenaikan harga komoditas yang telah mengalami penurunan sejak awal pekan ini.

Pedagang bumbu dapur di Pasar Legi, Sri Rahayu, mengatakan kenaikan harga bawang merah dan bawang putih terjadi sejak, Jumat (22/3/2013). Saat ini harga bawang putih mencapai Rp35.000/kg setelah sebelumnya turun hingga Rp30.000/kg. Sementara harga bawang merah tetap stabil berada di kisaran harga Rp35.000/kg.

“Hari ini harga bawang putih kembali naik Rp35.000/kg karena tidak ada barang datang,” tuturnya saat ditemui Solopos.com di kiosnya, Jumat.

Pedagang bawang eceran lain di pasar setempat, Suroto, bahkan menjual bawang putih dengan harga Rp37.000/kg. Ia mengaku sebelumnya sekitar tiga hari lalu harga bawang sudah turun Rp28.000/kg. Sementara harga bawang merah dipatok Rp40.000/kg setelah turun dari harga tertingginya Rp45.000/kg. Selama kenaikan harga tersebut, Suroto mengaku dapat menjual sekitar 50 kg bawang putih dan 30 kg bawang merah. Sebelum harga naik, ia mampu dapat menjual lebih.

“Harga bawang putih hari ini naik karena pasokan minim. Kalau bawang merah sejak awal turunnya memang sedikit dan cenderung stabil,” jelasnya.

Sementara untuk komoditas cabai, berdasarkan pantauan, harga cenderung stabil. Kendati pasokan yang diterima pengepul berkurang, namun harga jual masih dapat dikendalikan.  Harga cabai rawit putih saat ini Rp9.000-Rp10.000/kg. Sedangkan harga cabai rawit merah Rp37.000/kg.

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)


    A- A A+