KLINIK ANDROID : Apa Pembaharuan Aplikasi Harus Selalu Di Update?

A Mufid Aryono/JIBI/SOLOPOS 3

Erwin Christanto

Klinik Android diasuh oleh Komunitas Android Solo. Kirim pertanyaan Anda seputar Android ke email Ketua Android Solo, Erwin Christanto ke christanto.erwin@gmail.com atau ke Twitter @bosswiin. Simak jawabannya di Klinik Android yang hadir di Solopos.com dan di HU SOLOPOS edisi Minggu.

Salam Droid pembaca setia SOLOPOS. Pada edisi kali ini saya akan menjawab beberapa email yang telah masuk. Agar jawaban lebih tepat mengenai sasaran, dimohon bagi yang bertanya mencantumkan Tipe/Merk HH (Handheld), OS Androidnya, Sudah di root atau belum? serta pertanyaan yang lebih detail. Terima kasih.

Tanya :

Abdul Halim <abdulhalim2604@gmail.com>

apakah setiap ada pembaharuan update pada aplikasi,harus di update.?? bukannya nanti menuh2in memori?? samsung galaxy ace. makasihh sebelumx

Jawab :

Salam droid mas Abdul Halim.
Setiap aplikasi pasti akan ada updatenya, dan notifikasi itu akan muncul ketika update sudah tersedia. Kalau update sudah tersedia, ya lebih baik diupdate, memang ukuran aplikasinya jadi tambah besar dan pasti memori makin lama makin penuh. pindahkan aplikasi ke external memory, itu solusinya?

Tentang bagaimana memindah aplikasi ke memory eksternal (sdcard) udah pernah saya bahas di http://www.solopos.com/2013/02/21/klinik-android-partisi-memory-external-atasi-keterbatasan-kapasitas-memory-internal-381578

Tanya :

Adhe Waelah <zezeorang@gmail.com>

halo mas cris semoga kabar baik selalu, maaf saya newbie,

1.mau tanya nih mas kenapa ya HH saya kadang2 nada notifikasinya berubah sendiri
2. terus kadang2 layar cerah sendiri kemudian meredup lagi
3. gimana ya cara nya isi aplikasi di android (pada kartu sd)  dari pc tanpa instal seperti copas   file mateng  di symbian ada gak ya caranya ( saya kan ada konter kecil2an kan ada yg kadang2 minta isi aplikasi android gtu mas)
4. ada gak link donlot apk yang paketan misal sudah di rar gitu, jadi 1 folder sudah berisi beberapa aplikasi, tanpa harus donlot satu satu apk nya .

adhe iwan
terima kasih

Jawab :

Salam droid dan halo juga adhe, mencoba menjawab persoalan yang kamu hadapi:

1. Cek di setting tentang notifikasi tiap aplikasi yang sering berubah sendiri
2. tentang layar, mungkin auto kecerahannya di setting aktif, coba cek di setting display
3. ya tinggal dicopy aja .apk dari PC ke sdcard, lalu tinggal instal di HH
Kalau di symbian harusnya juga bisa, cuma saya kurang begitu paham, karena belum nyoba
4. ada banyak, biasanya malah sudah dikategorikan sendiri-sendiri berdasarkan kategori aplikasinya. coba browsing deh :) (Erwin Christanto, Ketua Android Solo)

3 Komentar untuk “KLINIK ANDROID : Apa Pembaharuan Aplikasi Harus Selalu Di Update?”

  1. mas, kok samsung galaxy sy minta update sofrwear? it harus y? bisa bengkak ni pulsa sy? biasa sy abaikan dy muncul trs? tlng solusiny. thnks

  2. Mas saya punya mito t970, saya sering mengalami memori penuh, ingin root tpi saya ragu? Katanya kalaw di root akan mudah terserang virus? Dan apakah bisa di kemblikan(unroot)?

    Terimaksih .
    By Teddy

  3. Allen Sablen S

    maaf mas, saya mau tanya tentang hp android saya , mereknya samsung galaxy mini2. kenapa yaa pada saat membuka menu terkadang daftar menunya lama muncul. masalah ini sering muncul pada saat saya selesai menggunakan aplikasi dan saya tutup, tapi setelah di menu malah daftar menunya lama muncul… apa yg harus saya lakukan.? mohon penjelasannya. terimah kasih sebelumnya…

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)


    A- A A+