KURIKULUM 2013 : Kemendikbud Tetapkan Jadwal TOT Kurikulum 2013 Pekan Kedua Juli

Dian Erika Nugraheny/JIBI/SOLOPOS 3

SOLO – Kementeraian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akhirnya menetapkan jadwal training of trainer (TOT) bagi guru di sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013. Meski demikian, belum semua sekolah sasaran Kurikulum 2013 ditetapkan.

Sekolah sasaran Kurikulum 2013 terdiri dari sekolah yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud dan sekolah yang mengajukan diri secara mandiri dan disetujui oleh Dinas Pendidikan Provinsi.
Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, tercatat 12 SD, enam SMP, enam SMA dan delapan SMK yang ditunjuk Kemendikbud menjadi penyelenggara Kurikulum 2013. Sekolah yang ditunjuk yaitu SDN Tempel, SDN Bayan, SDN Bulukantil, SD Islam Al Abidin, SD Warga, SDN Begalon II, SD Muhammadiyah PK, SDN Kleco I, SDN Kanisius Keprabon I, SD Muhammadiyah 24, SD Al Irsyad dan SDN Kratonan III untuk jenjang SD. Di jenjang SMP, enam sekolah yang ditunjuk adalah SMPN 1, SMPN 4, SMPN 12, SMP Al Azhar Syifa Budi, SMP Al Irsyad dan SMP AL Islam.
Untuk jenjang SMA dan SMK, Kemendikbud menunjuk SMAN 1, SMAN 3, SMAN 4, SMA Batik 1, SMA MTA, SMA Regina Pacis, SMKN 2, SMKN 3, SMKN 4, SMKN 5, SMKN 6, SMKN 7, SMKN 8 dan SMKN 9.

Jumlah guru yang dijadwalkan akan mengikuti TOT dari masing-masing jenjang sekolah meliputi 48 guru SD, 111 guru SMP, 30 guru SMA dan 65 guru SMK. Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah (Dikmen) dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Unggul Sudarmo, mengatakan berdasarkan jadwal yang diterimanya, TOT akan diselenggarakan pada 9-13 Juli mendatang.

Dirinya menegaskan, pelaksanaan Kurikulum 2013 tetap dilaksanakan di awal tahun ajaran baru 2013/2014, yakni 15 Juli. Disinggung tentang mepetnya pelaksanaan TOT dengan tahun ajaran baru, Unggul tidak bisa berkomentar banyak. Dirinya memastikan, jadwal TOT ditetapkan secara nasional.

“Secara nasional jadwalnya sudah bertahap. Pada 27 Juni-1 Juli, diadakan pelatihan instruktur guru inti di LPMP pusat, sementara instruktur akan melatih guru inti pada 3-7 Juli. Guru inti adalah guru yang akan melatih guru sekolah sasaran,” terangnya ketika dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Sabtu (22/6/2013).

Unggul melanjutkan, guru inti akan melatih seluruh guru dari sekolah sasaran Kurikulum 2013 di Provinsi Jawa Tengah. Hingga Sabtu, Bidang Dikmen yang juga ditunjuk sebagai Koordinator Kurikulum 2013 Solo belum menerima hasil penetapan sekolah sasaran lainnya.

Menurut Kepala Seksi Kurikulum Bidang Dikmen Disdikpora Solo, Budi Setiono, pihaknya mencatat 220 SD, tujuh SMK, sembilan SMA dan delapan SMP nonpercontohan yang mendaftarkan diri secara mandiri sebagai pelaksana Kurikulum 2013. Budi mengakui, data seluruh sekolah tersebut sudah dikirimkan ke Dinas Pendidikan Provinsi Jateng sejak 15 Juni lalu.

3 Komentar untuk “KURIKULUM 2013 : Kemendikbud Tetapkan Jadwal TOT Kurikulum 2013 Pekan Kedua Juli”

  1. Kurikulum memang secara berkala harus ada penyempurnaan, hal tsb dilakukan utk menghadapi tantangan global yg begitu cepat. tetapi perlu juga dipikirkan secara matang bahwa kurikulum adalah pijakan utama pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan. oleh karena itu lebih indah dan sesuai UUD apabila perubahan kurikulum diterapkan secara serentak oleh satuan pendidikan secara nasional. andaikata memang belum siap dilaksanakan secara nasional(serentak), janganlah tergesa-gesa di terapkan. karena dapat menimbulkan ekses diskriminasi, tidak adil dan terkesan tergesa-gesa. betapa tidak, kurikulum ditetapkan secara nasional, tetapi dilaksanakan utk sekolah sasaran. yang melaksanakan guru sasaran, diperuntukkan utk siswa sasaran. sedangkan yg bukan/blm menjadi sekolah sasaran pasti bertanya-tanya. faktor apa saja yg menjadi tolok ukur supaya menjadi sekolah sasaran? inilah uneg-uneg saya sebagai pengajar selalu kepingin pendidikan di negeri kita tercinta lebih maju dan mampu bersaing di era global. jangan sampai dilapangan muncul istilah sekolah sasaran dan sekolah bukan/belum sasaran. kalau memang anggarannya belum mencukupi, jangan dipaksanakan utk dilaksanakan. toh pendidikan tetap berproses. guru pasti dapat menyesuaikan diri utk menghadapi tantangan dalam memproses peserta didiknya agar dapat menghasilkan generasi yang mumpuni sesuai jenjang pendidikan yang diikuti. apalagi dengan adanya tunjangan sertifikasi, guru sangat termotivasi dan bergairah dalam mengembangkan profesinya. saya yakin itu. Kurikulum 2013 YES! dilaksanakan serentak OK! Hidup Kurikulum 2013!

  2. tgl berapa jadwal TOT dilaksanakan dan nama guru yg ikut TOT

  3. tolong dalam pemberitaan menyertakaan berita pencairan sertifikasi tiap triwulan

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)


    A- A A+