MUDIK LEBARAN 2013 : H-4 Kawasan Palur Karanganyar Ngadat

Tri Indriawati/JIBI/Solopos 0

Solopos.com, KARANGANYAR– Kepadatan lalu lintas di kawasan bundaran Tugu Intan Pari, Palur, Jaten, Karanganyar, mengalami peningkatan cukup signifikan pada H-4 lebaran.

Pasalnya, kawasan itu merupakan jalur utama bagi pengendara kendaraan bermotor dari arah Solo menuju Karanganyar dan Sragen, serta sebaliknya.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Minggu (4/8), belasan anggota Satlantas Karanganyar beserta petugas Dishubkominfo Karanganyar dan Senkom Mitra Polisi berjaga di kawasan Palur, mulai dari pertigaan 413, bundaran Tugu Intan Pari, hingga di depan Supermarket Luwes, Palur.

Volume kendaraan terpadat terletak di sekitar bundaran Tugu Intan Pari atau di area palang pintu perlintasan kereta api Palur.

Oleh karena itu, petugas sengaja membuat rekayasa lalu lintas di kawasan itu supaya tak terjadi kemacetan. Saat kereta api melintas, kendaraan dari arah Solo menuju Karanganyar sengaja disetop di samping Tugu Intan Pari, supaya kendaraan dari arah Sragen menuju Solo dapat tetap melintas.

“Sehari mungkin bisa 30 kereta api yang melintas, jadi harus diatur seperti ini. Kalau tidak bisa tambah macet,” ungkap seorang petugas Senkom Mitra Polisi yang enggan disebut namanya saat dijumpai Solopos.com tengah mengatur lalu lintas di kawasan Palur, Minggu siang.

Sementara itu, Kapolres Karanganyar, AKBP Nazirwan Adji Wibowo, mengatakan telah melakukan pemantauan langsung di jalur utama mudik pada Minggu pagi.

Dia membenarkan adanya peningkatan kepadatan lalu lintas sekitar 25% di Jalur Solo-Sragen, terutama yang melintasi kawasan Palur-Sroyo-Kebakkramat. “Puncak kepadatan lalu lintas kami perkirakan terjadi besok [Senin (5/8)],” ujarnya kepada wartawan.

Kendati terjadi peningkatan volume kendaraan, Kapolres menilai tidak akan terjadi kemacetan di jalur utama mudik. Pihaknya juga telah menyiagakan petugas di sejumlah titik yang dinilai paling rawan kemacetan.

“Memang terjadi kepadatan arus lalu lintas, tapi belum terjadi penumpukan kendaraan. Prediksi kami tidak akan ada kemacetan,” imbuh dia.

Menurutnya, pemudik dari arah Jawa Timur dapat melewati jalur lingkar di pertigaan Sroyo jika ingin menghindari kemacetan di kawasan Palur. Pasalnya, jalan lingkar atau ringroad merupakan jalur tercepat untuk menuju Kota Solo dan sekitarnya. Arus lalu lintas di kawasan itu juga relatif lebih lancar.

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)


    A- A A+