MUDIK LEBARAN 2013 : Pertamina Siap Tambah Pasokan Premium 40 Persen

Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos 0

Solopos.com, SOLO – Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium maupun solar diperkirakan mulai akan meningkat signifikan pada H-10 Lebaran.

PT Pertamina siap mengamankan pasokan BBM dengan menambah pasokan premium sebanyak 40% dan solar 8% dari konsumsi normal. Seperti diketahui, konsumsi normal premium di wilayah Jateng DIY rata-rata 9.899 kiloliter per hari dan konsumsi solar 5.253 kiloliter per hari.

General Manager Marketing Operation Regional IV Jateng-DIY Pertamina, Rifky E Hardijanto, mengatakan estimasi permintaan BBM dari masyarakat di wilayah Jateng dan Jogja khususnya premium diperkirakan akan meningkat terutama dalam periode sepuluh hari sebelum dan sesudah Lebaran.

“Terkait dengan proyeksi permintaan BBM masyarakat selama masa Ramadan dan Lebaran 2013, Pertamina telah melakukan berbagai upaya antisipasi guna mengamankan pasokan bahan bakar tersebut untuk masyarakat,” terang Rifky, akhir pekan lalu.

Pihaknya menyarankan kepada masyarakat, untuk menjaga kenyamanan dalam pengisian BBM, disarankan agar memperhatikan jarak tempuh dan jumlah BBM yang dikonsumsi, serta tidak menunda pengisian BBM sehingga bisa mengurangi penumpukan kendaraan hanya di satu stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Seluruh SPBU Pertamina di wilayah Jateng dan DIY yang mencapai 707 SPBU juga telah diinstruksikan untuk meningkatkan pelayanan dengan menyediakan layanan pendukung seperti musala, toilet, ATM, serta memperhatikan aspek kebersihannya.

Dia menyebutkan, SPBU diminta  beroperasi penuh 24 jam khususnya di jalur mudik dan balik Lebaran, yaitu di sepanjang Jalur Pantura dan Selatan Jawa, mulai H-10 sampai dengan H+10.

Kemudian, PT Pertamina juga mulai mempersiapkan SPBU kantong yaitu SPBU yang ditunjuk sebagai tempat mobil tangki berisi BBM yang akan dikirimkan ke SPBU stok kritis di area terdekat untuk mengantisipasi hambatan distribusi akibat kemacetan lalu lintas di 20 titik lokasi.

“Kami juga akan menyediakan pertamax dan pertamina dex dalam kemasan terutama di titik-titik yang rawan terjadi kemacetan. Selain itu, optimalisasi dan penambahan armada mobil tangki di wilayah sebesar 17% dari armada mobil tangki eksisting.”

Rifky menambahkan, selama masa cuti bersama 3 Agustus hingga 10 Agustus, bank-bank persepsi mitra Pertamina akan tetap melayani transaksi perbankan untuk penebusan produk BBM dan non BBM.

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)


    A- A A+