Nasib 20 Trans Jogja Tunggu Polda

Andreas Tri Pamungkas/JIBI/Harian Jogja 0

Ilustrasi/dok

JOGJA-PT Anindya Mitra Internasional belum juga dapat memastikan kapan beroperasionalnya 20 bus Trans Jogja yang dihibahkan Pemda DIY. BUMD milik Pemda itu menyatakan cepat atau lambatnya bus beroperasi tergantung pula dari komitmen Ditlantas Polda DIY.

Ditlantas Polda DIY, kata Direktur Operasional dan Komersial PT AMI, Pius Izak Dumatubun, menjanjikan kuningisasi selesai pada awal Maret. Komitmen itu disampaikan dalam rapat kerja bersama di Biro Perencanaan Pembangunan Setda DIY pada Februari setelah perubahan perjanjian kerjasama bus Trans Jogja disahkan.

Komitmen itu disampaikan, kata Pius, untuk menjawab kerisauan PT AMI karena dengan kedudukan perusahaan di Bantul, proses bakal lebih lama lagi di Polresta Bantul.”Saya kira 4- 7 Maret sudah selesai,” katanya.

Dirlantas Polda DIY Kombespol Bambang Pristiwanto hingga petang kemarin tidak dapat dikonfirmasi. Ponselnya berulangkali meninggalkan pesan sibuk.

Dewan DIY sebelumnya menyalahkan PT AMI karena dianggap tak serius mengurusi kuningisasi bus. Padahal, penyertaan modal bus kepada PT AMI sudah disepakati pada akhir tahun lalu. Namun sampai disahkannya perubahan perjanjian kerjasama PT Jogja Tugu Trans dengan Pemda DIY pada pertengahan Februari, kuningisasi juga belum kelar.

Pius membantahnya. Alasannya lamanya pengurusan juga karena PT AMI tak langsung mendapatkan berkas penyertaan modal bus tersebut setelah disepakati Dewan dan Pemda DIY. Informasi yang diperolehnya justru dari pemberitaan media. Tujuh hari setelahnya, katanya, PT AMI baru mendapatkan surat resmi hibah tersebut.

Setelah itu, menurut Pius, pengajuan kuningisasi langsung diajukan ke Ditlantas Polda DIY. Pius mengaku sudah memenuhi 12 item persyaratan kuningisasi yang disampaikan Ditlantas, termasuk akta notaris kedudukan PT AMI yang berada di wilayah Bantul.

Kepala Dishubkominfo DIY, Tjipto Haribowo, pun tak mengelak jika kunci kuningisasi sekarang ini berada di tangan Polda DIY, sehingga pada minggu pertama bulan ini pengurusan plat kuning sudah dapat selesai.

“Semua data sudah terpenuhi. Proses sedang berlangsung di Polda DIY dan dilanjutkan Polres Bantul. Kami harap segera selesai awal Maret ini,” katanya.

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)


    A- A A+