Panwaslu Turut Awasi Pemilihan Anggota KPU

Ika Yuniati/JIBI/Solopos Comments Off

Solopos.com, SRAGEN–Sekretaris KPU Sragen, Sutrisna, saat ditemui di kantornya, Jumat (23/8), membenarkan adanya keterlibatan Panwaslu dalam perekrutan calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) kali ini.

Ia mengaku sudah menerima surat pemberitahuan dari Panwaslu. Selanjutnya, surat pemberitahuan tersebut bakal dilanjutkan ke tim seleksi calon anggota KPU yang markasnya di luar kantor utama.

Sebelumnya, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dijadwalkan bakal turut mengawasi pelaksanaan seleksi calon anggota KPU 2013. Pengawasan itu dilakukan berdasarkan instruksi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) No 303/Bawaslu JTG/VII/2013 yang dikirimkan ke Panwaslu Sragen beberapa waktu lalu.

Ketua Panwaslu Sragen, Slamet Basuki, saat ditemui di kantornya, Selasa (21/8/2013), menerangkan berdasarkan instruksi Bawaslu Jateng itu, pihaknya bakal mengirimkan anggota untuk melakukan pengawasan dalam seleksi calon anggota KPU nanti. Saat ini, instruksi pengawasan dari Bawaslu tersebut sudah dilayangkan ke KPU Sragen agar tim seleksi bisa diajak berkoordinasi mengenai pengawasan tersebut.

Pengawasan dimulai dari seleksi administrasi, ujian tertulis, tes kesehatan, psikologi, wawancara, uji kelayakan dan masukan masyarakat hingga akhirnya terpilih menjadi anggota KPU. Hal ini dilakukan untuk menjaga independensi tim seleksi dalam pemilihan anggota KPU nanti. “Misal ada kekurangan tapi tetep lolos, itu masuk dalam pengawasan kami. Kami akan mengawasi prosesnya,” tandasnya.

Divisi Penindakan dan Penyelesaian Pelanggaran Panwaslu Sragen, Heru Cahyono, menambahkan, pengawasan pemilihan anggota KPU dilakukan untuk meningkatkan integritas dan kualitas para anggota. Salah satu hal yang menjadi sorotan mereka ialah dalam point masukan masyarakat. Ia mengaku khawatir masukan masyarakat untuk anggota KPU ini dimanfaatkan pihak oposisi calon anggota untuk saling menjatuhkan.

Comments are closed

A- A A+