PILKADES WONOGIRI: 25 Calon Kades Lawan Kotak Kosong

Tika Sekar Arum/JIBI/SOLOPOS 0

WONOGIRI – Sebanyak 25 calon kepala desa (kades) dipastikan akan maju dalam bursa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahap I/2013 sebagai calon tunggal alias hanya melawan kotak kosong.
Salah satu calon tunggal adalah calon kades Plosorejo, Kecamatan Kismantoro.

Pilkades di desa itu pada agenda serupa 19 Desember 2012 lalu batal dihelat, lantaran tidak ada calon. Camat Kismantoro, Heru Istianto, mengatakan berdasarkan pengecekan terakhir yang dilakukan pihaknya, satu-satunya calon kades yang telah mendaftar pada panitia pilkades di desa tersebut mampu memenuhi semua persyaratan. Calon kades tersebut atas nama Satino.

“Tahun lalu, pilkades gagal karena calon tidak memenuhi persyaratan berkas. Tahun ini, kami bersyukur calon bisa memenuhi. Kami harap untuk tahapan selanjutnya juga bisa memenuhi,” ungkap Heru, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (26/3/2013).

Kasubbag Tata Pemerintahan Desa, Sumardjono Fadjari (Jono), mewakili Kabag Peerintahan Desa (Pemdes) Setda Wonogiri, Sriyono, membenarkan Pilkaes Plosorejo bakal diikuti satu calon tunggal. Dia juga membenarkan dari 91 pilkades yang akan dihelat 11 April mendatang, ada 25 pilkades yang diikuti calon tunggal.

Kendati tanpa lawan, calon kades tunggal menghadapi beban mental yang besar karena jika kalah dari kotak kosong berarti calon bersangkutan tidak dipercaya warga.

“Mereka akan kami tetapkan sebagai calon kades peserta Pilkades Tahap I/2013 pada Rabu besok [27/3] bersama calon lain,” ujar Jono.

Sementara itu, berdasarkan pemantauan kelengkapan berkas pilkades oleh Bagian Pemdes Setda Wonogiri yang berakhir Selasa, sebanyak 209 calon kades dipastikan telah memenuhi berkas yang dipersyaratkan. Untuk itu, 209 calon yang tersebar di 91 desa di 24 kecamatan tersebut dipastikan bakal bertarung pada Pilkades 11 April mendatang.

Syarat dan Ketentuan:
  • Tulisan singkat, padat, Sopan
  • Tulisan bukan SARA, bukan fitnah, tidak promosi atau mendiskreditkan pihak maupun produk tertentu.
  • Format HTML tidak dapat ditampilkan, hanya file text yang akan ditampilkan.
  • (required)


    A- A A+