NASIB TENAGA HONORER : Honorer K2 Tak Lulus CPNS Bisa Seleksi PPPK

Ringkang Gumawang/JIBI/Bisnis Comments Off

Solopos.com, JAKARTA – Pengumuman CPNS 2013 untuk kategori honorer K2 telah dilakukan. Kementerian PAN-RB mengumumkan tenaga honorer kategori 2, khususnya guru yang tidak lulus tes CPNS diberi kesempatan untuk mengikuti seleksi menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Sesuai dengan Undang-Undang No.5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Tenaga honorer tidak akan ada lagi pada masa mendatang. ASN terdiri dari PNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Karena itu persoalan tenaga honorer harus dituntaskan.

Wakil Menteri PAN-RB Eko Prasojo mengungkapkan pengadaan PPPK harus melalui beberapa tahapan, yakni perencanaan, pengumuman lowongan, pelamaran, seleksi, pengumuman hasil seleksi, dan pengangkatan.

“Pelaksanaannya harus sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan, serta kebutuhan setiap instansi. Pengadaan PPPK harus berdasarkan kompetensi, kualifikasi, dan kebutuhan,” ujarnya, Rabu (19/2/2014).

Dia menambahkan PPPK diangkat dengan keputusan pejabat pembina kepegawaian (PPK), dan diikat dengan perjanjian kerja minimal satu tahun, dan dapat diperpanjang. Kendati demikian, PPPK tidak dapat diangkat otomatis menjadi PNS.

Seperti halnya PNS, perjanjian kerja itu menjadi dasar dalam penilaian kinerja, serta dalam perpanjangan perjanjian. Penilaian kinerja juga menjadi dasar dalam pemberian tunjangan dan pengembangan kompetensi.

“Seorang PPPK berhak mendapatkan gaji serta tunjangan yang dibebankan kepada APBN/APBD. Mereka juga diberi kesempatan untuk pengembangan kompetensi, dan diberikan penghargaan,” ujarnya.

Selain itu, PPPK juga berhak mendapatkan perlindungan berupa jaminan hari tua, kesehatan, kecelakaan kerja, kematian, dan bantuan hukum.

Comments are closed

A- A A+